Sekilas Jurusan

Sekilas Jurusan

TEKNIK MEKATRONIKA

Istilah MEKATRONIKA merupakan terjemahan dari “mechatronics”, gabungan dari kata mechanics dan electronics. Mekatronika adalah suatu ilmu yang mengkombinasikan secara sinergis rekayasa mekanika, elektronika, dan kontrol. Istilah ini dicetuskan pertama kali oleh Tetsuro Mori dari Yasakawa Electric Company, Jepang pada tahun 1969. Semenjak tahun 1982, perusahaan tersebut telah memutuskan untuk melepas haknya atas kata mechatronics, sehingga sejak saat itu pula kata tersebut dipakai secara luas. Pada awal perkembangannya, mekatronika hanya mencakup unsur mekanika dan elektronika saja. Dengan ditemukannya mikroprosesor pada tahun 1980an, keilmuan mekatronika menjadi lebih maju dan berkembang. Mekatronika kemudian didukung oleh disiplin ilmu lain diantaranya: embedded system yang memberikan nuansa hardware programming yang menghubungkan mekanik dan elektronik, juga control system yang memberikan kecerdasan buatan kepada sistem tersebut. Mekatronika merupakan interdisiplin ilmu yang dapat digambarkan secara grafis sebagai berikut:

2000px-Mecha_workaround.svg


VISI

Terwujudnya Program Keahlian Teknik Mekatronika yang melahirkan lulusan mekatronika yang Beriman dan Betakwa Kepada Tuhan YME sehingga mampu dan siap untuk menerapkan skill dan keahliannya dalam Dunia Usaha/Dunia Industri.


MISI

  1. Melaksanakan pendidikan Teknik Mekatronika yang bermutu dan terintegrasi dengan nilai-nilai luhur agama dan kemanusiaan.
  2. Mendidik siswa untuk memiliki rasa disiplin tinggi yang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha/dunia industri serta memiliki kemandirian dan jiwa wirausaha.
  3. Menjalin kerjasama dengan berbagai dunia usaha/dunia industri untuk mensinkronkan kurikulum yang diterapkan dalam proses pendididkan.
  4. Menerapkan pendidikan sisitem ganda yaitu melaksanakan pendidikan akademis di sekolah dan 3 bulan melaksanakan praktek kerja industri.
  5. Memberikan kompetensi yang berhubungan erat dengan perkembangan teknologi mekanikdan elektronik khususnya elektronik kontrol di dunia industri.